Bagasi Mahal saat Beli Tiket Singapore Airlines, Masa?

Bookmark and Share

Banyaknya maskapai yang menerapkan bagasi berbayar tentunya membuat Anda yang biasa bepergian dengan pesawat menjadi risau. Terlebih, bila barang bawaan Anda cukup banyak. Bila Anda telah membeli tiket Singapore Airlines lalu kemudian khawatir harga bagasi yang mahal, tenang dulu. Coba baca ini!

Pembatasan Bagasi

Perlu Anda ketahui, di setiap penerbangan, selalu ada yang namanya pembatasan bagasi untuk setiap penumpang. Begitu pula untuk maskapai Singapore Airlines. Hanya saja, jumlah pembatasan bagasi untuk setiap tujuan negara berbeda-beda. Untuk batas bagasi check in sendiri ditentukan berdasarkan konsep atau unit dan tergantung destinasi Anda.

Ketika Anda memesan tiket penerbangan dengan Singapore Airlines, di tiketnya Anda akan langsung melihat berapa batas bagasi yang diperbolehkan. Untuk pembatasan bagasi penumpang ke semua tujuan penerbangan kecuali untuk negara Amerika Serikat, Singapore Airlines menyediakan bagasi sebesar 20 hingga 50 kg gratis.

Banyaknya penyediaan bagasi gratis itu tergantung dari kelas yang Anda pilih. Untuk kelas ekonomi, tentunya jumlah bagasi yang didapat lebih sedikit bila dibandingkan kelas suites dan bisnis. Lalu, bagaimana kalau Anda terbang ke Amerika Serikat? Kalau Anda melakukan penerbangan ke negara ini, batas maksimal bagasi adalah 35 kg untuk kelas tertinggi.

Hal ini sudah sesuai dengan peraturan kesehatan dan keselamatan kerja yang ditetapkan oleh pemerintah Amerika Serikat untuk penerbangan. Anda tidak boleh membawa bagasi check in lebih dari 32 kg untuk masing-masing orang. Kalau lebih dari itu, Anda akan diminta mengemas ulang hingga bagasi tidak melebihi batas yang telah ditentukan.

Bagaimana bila Anda membawa bayi? Tenang saja, di Singapore Airlines, penumpang bayi diberi keistimewaan berupa mendapatkan bagasi 10 kg per orang. Hal ini tentunya akan mempermudah Anda yang memiliki bayi karena tak perlu bayar biaya tambahan.

Bagasi Kabin?

Lalu, bagaimana dengan bagasi kabin? Jika Anda terbang menggunakan tiket Singapore Airlines, Anda juga akan mendapatkan bagasi kabin dengan muatan terbatas. Masing-masing orang hanya diperbolehkan membawa bagasi kabin seberat 7 kg saja. Jumlah panjang, lebar dan tingginya pun memiliki peraturan, tak boleh lebih dari 115 cm.

Jika bagasi kabin Anda melebihi batas yang telah ditentukan, maka pihak maskapai akan memindahkan bagasi Anda ke bagasi kompartemen. Hal ini bertujuan agar tak membahayakan Anda dan membuat kabin tetap rapi dan tidak terlalu penuh. Anda pun harus membayar biaya tambahan jika ternyata batasnya sudah melewati batas yang ada.

Bagasi Tambahan?

Bagaimana bila jumlah bagasi yang telah diberikan masih saja tak muat untuk menampung semua barang bawaan Anda? Kalau sudah begini, tentunya Anda harus membeli bagasi tambahan. Untuk biaya yang dikenakan per kg bagasi tambahan tergantung dari dimensi dan tujuan Anda terbang.

Anda bisa membeli bagasi tambahan dengan sistem prabayar dengan waktu pembelian tak kurang dari 48 jam sebelum keberangkatan. Anda bisa membeli bagasi tambahan hingga maksimal 100 kg. Harga yang akan dikenakan untuk bagasi tambahan ini terbagi menjadi 4 buah band.

Masing-masing band memiliki harga yang berbeda karena pengelompokan tujuannya juga berbeda-beda. Misalnya saja, untuk band 1 yang meliputi negara Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar dan negara Asia Tenggara lain, Anda akan dikenakan biaya antara 3 hingga 21 dolar Amerika per kg bagasi tambahan.

Bagaimana? Masih ragu untuk membeli tiket Singapore Airlines karena masalah bagasi? Jangan khawatir, Anda tetap bisa mendapatkan bagasi gratis sesuai dengan kelas penerbangan yang dipilih. Walaupun harus beli bagasi tambahan, biaya yang akan ditetapkan pun tak terlalu besar, bahkan Anda juga bisa dapat diskon bila memenuhi syarat tertentu.