Tips Memulai Online Shop Yang Menguntungkan

Bookmark and Share

Akibat persaingan yang sangat ketat untuk mendapatkan pekerjaan, ada banyak orang yang kini beralih untuk menjadi seorang pebisnis mandiri. Salah satu bisnis yang kini banyak digandrungi ialah bisnis online shop. Jika dijalankan bisnis online shop ini memang gampang-gampang susah, perlu ketelatenan dan keuletan untuk menarik pelanggan. Untuk anda yang baru pertama mengenal bisnis online shop, berikut adalah beberapa tips memulai online shop yang bisa anda tiru,
Beberapa Tips Memulai Online Shop Yang Patut Diterapkan

1. Fokuskan Mindset
Salah satu tips memulai online shop yang penting adalah memfokuskan mindset kita untuk memikirkan barang apa yang cocok untuk diperjualbelikan. Lakukan riset sederhana untuk melihat barang-barang apa yang tengah hits dikalangan masyarakat. Mulai dari make up, fashion, baju anak, sepatu atau sandal semuanya harus dilihat prospek usahanya, kemudian pilih satu yang anda ingin kembangkan. Usahakan untuk memilih salah satu yang memiliki target pemasaran yang luas. Jangan memilih begitu banyak pilihan, fokus hanya kepada satu barang saja agar anda tidak kebingungan.

2. Pilih Supplier Yang Baik
Setelah memutuskan barang apa yang cocok untuk diperdagangkan, kini tiba saatnya bagi anda untuk mencari supplier. Sebagai online shop, pemilihan supplier yang baik tentulah berpengaruh, karena kesesuaian harga dan kualitas barang akan ditentukan dari sini. Ketika anda mendapat supplier dengan kualitas produk yang baik dan harga yang bersahabat tentu akan banyak keuntungan yang akan didapatkan. Atau, apabila anda tidak memiliki modal yang cukup, anda bisa menjadi seorang dropshiper. Sama seperti seorang calo, dropshipper akan menjual barang dari online shop lain dengan harga yang sedikit berbeda sebagai imbalan atau keuntungan penjualan.

3. Pelayanan Kontak Yang Fast Respons
Sebagai online shop yang baik, tentunya kita harus melayani pengunjung atau calon pembeli dengan baik. Salah satu good service yang harus ada adalah kontak pelayanan yang harus mudah untuk dihubungi. Selain mudah, kontak ini tentunya perlu memiliki pelayanan yang cepat tanggap agar pelanggan merasa nyaman dan dapat mempercayai online shop anda. Dengan ini, diharapkan pelanggan akan betah dengan pelayanan yang ada dan mulai untuk order di online shop yang anda kelola.

4. Melakukan Promosi
Tips memulai online shop yang tidak boleh terlupakan adalah melakukan promosi dengan benar. Mulai dari gaya bahasa pengenalan merk atau produk yang akan dijual haruslah dilakukan dengan baik untuk menarik minat para calon pembeli. Lakukan branding untuk toko online shop anda sesering mungkin untuk membangun rasa percaya calon pembeli di luar sana. Selain media online khusus marketplace anda juga bisa mengenalkan produk dan toko anda di beberapa media sosial seperti Facebook, Instagram, Web dan lain-lain.

5. Memberi Beberapa Inovasi
Untuk membangun ketertarikan pada calon pembeli, anda perlu melakukan beberapa inovasi yang menarik dan dapat memanjakan pelanggan. Misalkan anda memberikan giveaway atau barang gratis bagi pelanggan yang membeli barang lebih dari 5 kali dalam sebulan. Atau juga menyediakan beberapa gaya pembayaran mulai melalui rekening bank, kartu kredit hingga bayar di tempat. Pastinya inovasi tersebut mampu membangun kepercayaan dan kenyamanan bagi para calon pembeli.

Itulah beberapa tips memulai online shop yang bisa anda terapkan. Tentunya tips-tips tersebut tergantung dengan usaha serta kemampuan di bidang penjualan. Kuncinya adalah jangan pernah merasa kecil hati apabila online shop yang anda kelola tak kunjung membuahkan hasil. Karena setiap pengelola bisnis ini memang perlu waktu yang tidak singkat untuk meningkatkan trafic kunjungan calon pembeli. Perbanyak inovasi dan pembenahan kira-kira apa yang menyebabkan hal itu terjadi.